Selasa, 02 Desember 2008

inFo KesEhaTan......!!!!!!

Jaga Kesehatan Otak Anda....


Otak adalah anggota tubuh yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Kita bisa hidup di bumi sangat tergantung dengan fungsi otak. Untuk itulah, sebagai manusia, kita harus menjaga otak kita agar selalu dalam keadaan sehat.


Beberapa hal kecil yang sering kita sepelekan justru berbahaya bagi otak kita. Contoh hal kecil pertama yang diketahui cukup berbahaya bagi otak adalah tidak mau sarapan pagi. Banyak orang yang menyepelekan sarapan, padahal dengan tidak mengonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal tersebut berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak kita yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.
Hal kecil yang kedua adalah terlalu banyak makan. Terlalu banyak makan ternyata dapat mengeraskan pembuluh otak yang akhirnya bisa menurunkan kekuatan mental. Selanjutnya adalah merokok. Merokok ternyata berakibat sangat berbahaya bagi otak kita karena otak bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya dan dikenal dengan Alzheimer di usia tua.
Hal yang keempat yaitu terlalu banyak mengonsumsi gula. Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh akan kekurangan nutrisi dan perkembangan otak akan terganggu. Yang kelima yaitu polusi udara karena otak merupakan bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara.Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi akan membuat kerja otak tidak efisien.
Hal yang keenam adalah kurang tidur. Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. sering malalaikan tidur membuat sel-sel otak justru mati kelelahan.
Selanjutnya adalah berpikir terlalu keras ketika sedang sakit. bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah kerja otak. Hal kesembilan adalah kurangnya stimulasi otak. Berpikir adalah cara yang terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir justru membuat otak kita menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Yang terakhir adalah jarang berbicara. Kenapa? Karena percakapan intelektual biasanya akan membawa efek bagus pada kerja otak.
Jadi, sepertinya kita harus lebih sering mengajak otak kita untuk bergerak dan berpikir agar senantiasa sehat tentunya.

Tidak ada komentar: